Yamaha Soul GT 125 vs Honda Beat ISS + Honda Vario 110 FI + Honda Vario 125
Yamaha Soul GT 125
vs.
– Honda Beat ISS
– Honda Vario 110 FI
– Honda Vario 125
MansarPost – Brosist sobat pembaca setia,, mohon maap kalo agak basi, soalnya udah keduluan Om motogokil disini… Tapi gpp yaakk,, udah terlanjur mau publish, yo wess diedit sedikit-sedikit saja… 😀
Kubikasi,, adalah salah satu faktor utama bagi kita semua dalam membandingkan sebuah produk sepedamotor… Yamaha Soul GT 125 Blue Core, mau tidak mau kita akan terarahkan untuk membandingkan doi dengan motor yang mempunyai kubikasi sejenis dimana dari pihak kompetitor ada Vario 125 disana…
Memang rada sedikit nda apple to apple jika kita melihat perbedaan harganya,, dari tenaga-pun Soul GT 125 ini agak jauh perbedaannya jika dibandingkan dengan Vario 125… Dimana power dari sang Vario mencapai 8,3 kW, sedangkan power Soul GT 125 hanya mencapai 7,0 kW… Tapi ingat,, kelebihan power tersebut sebagian besar didapat karena rasio kompresi dari sang Vario 125 yang lumayan tinggi yakni 11,0 : 1 dimana dengan rasio kompresi sebesar ini doi cocoknya minum pertamax plus (RON 95),, sedangkan Soul GT 125 hanya 9,5 : 1,, bisa minum premium ataupun pertamax biasa…
Jadi tinggal pilih saja,, mau rasio kompresi tinggi tapi power besar karena thermal efficiency yang lebih baik,, atau rasio kompresi rendah dan power lebih kecil tapi bahan bakarnya lebih ramah di kantong…
Pada prakteknya sehari-hari di lapangan, konsumen kadang hanya melihat kubikasi tanpa peduli spesifikasi,, jadi kalo kubikasi sama, yasudah imbang,, seri,, draw… Poin selanjutnya yang dituju adalah HARGA,, dimana pada sisi ini, Yamaha Soul GT 125 menang telak atas Vario 125… Yamaha Soul GT dibanderol 15,1 juta OTR Jakarta, sedangkan Honda Vario 125 dibanderol 17,5 juta,, ada selisih 2 juta lebih brosist,, nampol banget khaan… Naaahh berdasarkan perbandingan spesifikasi dan harga diatas,, “seolah” terlihat bahwa Soul GT 125 ini unggul dari sisi harga…
Sekarang coba kita bandingkan Soul GT 125 ini dengan produk yang berharga mirip-mirip yakni Honda Beat eSP CBS ISS yang dibanderol 15,05 juta… Pada prakteknya sehari-hari orang akan membandingkannya secara sederhana saja,, polanya mirip dengan yang diatas,, harga sama berarti draw, sedang kubikasinya Soul GT 125 ini lebih besar 15cc,, jadi langsung saja konsumen menganggap bahwa Soul GT unggul, tanpa melihat fitur-fitur yang disandang oleh kompetitor… Jadi terlihat khaan,, dengan Beat ISS saja doi unggul,, apalagi jika kita bandingkan doi dengan Vario 110 FI yang dibanderol 16,1 juta,, beeeuuhh jaaauhh,, Soul GT 125 menang baik dari sisi harga maupun kubikasi,, 2-0…
Yaaaaaap,, dari penjabaran diatas terlihat bahwa strategi Yamaha dalam menaikkan kubikasi produknya,, tidaklah semata-mata demi untuk meningkatkan power saja,, tapi jauh lebih daripada itu, yakni terkait mindset yang (masih) berkembang di masyarakat… Yamaha mencoba membuat mindset bahwa produknya unggul dalam semua sisi,, mau dibandingkan dengan Beat dan Vario 110,, Soul GT 125 jelas unggul di kubikasi,, sedangkan jika dibandingkan dengan Vario 125,, mereka jelas unggul dari sisi harga… Briliant…!! Okeee,, kita tunggu saja gebrakan dari pabrikan sepedamotor terbesar di tanah air, Astra Honda Motor (AHM)…
Okkkee,, sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna….
BACA JUGA :
- Honda Beat PoP eSP Engine,, Akhir-Akhir ini Sering Ketemu Doi, Baik di Dunia Nyata Maupun Dunia Maya
- Strategi Naik Kubikasi New Honda Blade 125,, Mirip dengan Strategi Yamaha Mio M3 125 Blue Core
- Julukan Baru Honda Beat : Motor Terlaris di DUNIA
- Honda Vario 150 Diperkenalkan di Bandung,, Konsumsi BBM 111 km/liter jadi Senjata….!!!
- Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 eSP mencapai 51 km/liter Bahan Bakar – detik.oto
- Yamaha Soul GT 125 vs Honda Beat ISS + Honda Vario 110 FI + Honda Vario 125
- Modifikasi Headlamp NMAX 155 dengan Soul GT 125 – “Soto”
sukmahandayani56
5 Maret 2015 at 3:34 pm
pertamixx
SukaSuka
sukmahandayani56
5 Maret 2015 at 3:34 pm
jooss
SukaSuka
macantua
5 Maret 2015 at 3:56 pm
banyak sih klo mau dikomper mah…
http://macantua.com/2015/03/05/hati-hati-inden-produk-pertama-mass-pro-yang-ada-kecewa/
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 4:13 pm
Iyaaapp bener kang,, terlalu banyak indikator yang bisa dibandingkan,, jadi bingung… :S
SukaSuka
macantua
5 Maret 2015 at 4:14 pm
makanya saya ga komper, malah bikin puyeng hahahahaha salah salah tar malah dibully komentator hahahahaha
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 4:16 pm
Panjang ceritanya kang…
Awalnya artikel ini cuma draft perbandingan sederhana kayak artikelnya om motogokil, tapi berhubung om motogokil udah publish duluan, ywdh ane kembangin lagi sabisa-bisa… 😀
SukaSuka
macantua
5 Maret 2015 at 4:21 pm
mlh jd kreatif kan? hehehehehehehe
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 4:24 pm
#disitu kadang saya merasa senang… 😀
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 4:05 pm
Looohh,, jemurannya mana kang… heehehe.. 😀
SukaSuka
sukmahandayani56
5 Maret 2015 at 3:43 pm
mugkin emg bner.. tpi gk mgkin cma mnaikan cc nmun hrga bsa d kompress dgan.. mngurangi kkuatan casting..baik blok msin atopun velg..
truss painting atopun material kresek nyaa..
biasanya d kurangi buatt apaaa..??
untuk mnekan cost penjualan agar motor lbih bersaing harga nmun msih punya kespesialan tertentu yaitu di cc yg beda kubikasi.. klo konsumen yg pandai dia akan mikir 2x untuk mtor hrga murah cc besar..
ibarat vixion vs kaoskaki pulsar200
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 4:11 pm
Yuuuupp,, kalo menurut ane, kekuatan mesin 125cc Yamaha ini ada di kapasitas produksinya yang bakal besar karena rencananya akan dipakai untuk sebagian besar skutiknya,, sehingga cost produksi bisa lebih ditekan dibandingkan jika doi harus tetap mempertahankan mesin 115cc matik lainnya…
Naaahh,, diluar mesin seperti velg, biarkan konsumen yang bicara saja… 😀
SukaSuka
bdt
5 Maret 2015 at 4:12 pm
ntar kalu ahm kepepet, juga sama, 125 cc semua om
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 4:26 pm
Iyaa ya,, apalagi kapasitas produksinya besar banget…
Saat ini masih bertahan di fitur2nya dulu… 😀
SukaSuka
bdt
5 Maret 2015 at 4:11 pm
kita bandingken sesamanya,
mio 3 125 cc 13.1 , gt 15.1
konsumen juga mikir toh?
konsumen anak muda pekerja juga mikir fitur, mungkin beda dgn ibu-ibu
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 4:18 pm
Iyaaap bener kang,, harga emang sensitip… 😀
Ehh tapi harga mio m3 kalo nda salah bukan segitu kang,, 13,9 atau 14 jutaan klo nda salah,, jadi selisihnya sama soul gt sekitar 1 jutaan,, mirip selisih Beat sama Vario 110 fi yang juga selisih 1 jutaan… CMIIW
SukaSuka
bdt
5 Maret 2015 at 4:28 pm
oh yach bener, maksudnya 13.9 versi tertinggi mio j, beda settingan doang ma tampang.
mio j buat ibu/abg, gt buat anak muda
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 4:39 pm
Lhooo,, mio m3 kang… 😀
Iyaaaapp,, desain macho buat anak muda gahol, desain universal mio m3 bisa masuk kemana aja… 😀
SukaSuka
sukmahandayani56
5 Maret 2015 at 5:09 pm
sekaliguss buat facelite kedepan…
jadi buat prnambahan harga dan keuntungan lagi.. dgan kubikasi all 125cc ahm maupun yimm
bisa mndapatkan harga lebih lagi..
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 5:27 pm
Seperti modus yang sudah-sudah ya,, facelift sekalian naik harga… 😀
SukaSuka
46sukses.com
5 Maret 2015 at 5:16 pm
Di borooong ..
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 5:27 pm
Di indent… 😀
SukaSuka
iimvixby
5 Maret 2015 at 6:31 pm
Matic sekarang saling adu keren ya tampilannya
http://iimvixby.com/2015/03/05/yamaha-rancang-mobil-lagi-untuk-tahun-2019/
SukaSuka
mansarpost
5 Maret 2015 at 7:02 pm
Harusnya adu jempol-telunjuk-kelingking aja ya… 😀
SukaSuka
don juan
6 Maret 2015 at 2:49 pm
dalam menentukan harga sebuah motor, bukan pada besaran cc, tp pada segement yg akan di bidik, kalo soal biaya produksi mesin cc besar atau kecil, kayaknya ga beda, wong hanya beda bbrp cc saja, blok mesin bisa common part, lebih baik jangan membahas sesuatu yg ga bisa dilihat (kualitas ) pabrikan seperti yamaha ga mungkin main2 soal itu
SukaSuka
mansarpost
6 Maret 2015 at 4:48 pm
Yuuuuupp,, trims masukannya kang… 😀
Jika berdasarkan segmen yg dituju, berarti hanya sebatas pada segmen Beat ISS dan Vario 110 saja ya…
SukaSuka
Koko
16 Maret 2015 at 8:18 am
O… Jadi artikel ini cuma mencari celah keunggulan YAMAHA to??…
Dari Vario dicari celah harganya, padahal kompresi tnggi bisa diakali dg pengapian biar bisa minum premium,
dari Beat dicari celah desainya.
SukaSuka
mansarpost
16 Maret 2015 at 10:01 am
itu menurut sudut pandang sebagian besar konsumen kang,, jadi kalo ada yang beda sudut pandang kayak akang juga gpp… 😀
Trims atas masukan n kritikannya kang… 😀
SukaSuka
roy
17 Mei 2015 at 8:49 am
Lah… gini aja… yang kita bahas ini lebih mementingkan quantity ato quality? Secara quality saya rasa honda jauh lebih unggul dimesin karena keawetannya… terbukti dari banyaknya motor honda lama yang masih banyak ditemui dizaman secanggih ini… motor lain?
SukaSuka
mansarpost
21 Mei 2015 at 10:54 am
Yaaap,, mindset mesin Honda yang bandel memang sudah mengakar kuat di masyarakat.. IMHO Yamaha berusaha untuk membuat mindset bahwa motor2nya lebih value dibandingkan Honda, namun demikian, seperti sudah disebutkan di artikel diatas bahwa value tersebut hanya akan terlihat dengan pola pikir “awam”.. Mungkin salahnya Yamaha disini, disaat doi nyerang Honda di mindset kubikasi dan harga, Honda malah cenderung meningkatkan fitur pada produknya dan ternyata sukses besar, makanya produknya jauh lebih laku..
SukaSuka
hamba Allah
6 Juli 2015 at 11:50 pm
Kesimpulan soul gt 125 jls lbh unggul dr segi harga dn modelnya dr ttga sblh khususnya beat iss/vario f1 tp klo yg vario 125 esp lbh nampol dah
SukaSuka
DEDI
17 Mei 2016 at 12:15 pm
Harga mah gak akan bohong, jgnkan motor,gorengan aja yg 500,700,1000 beda2 wkwkkwkwkwk beli nasi goreng 10000 sama nasi goreng 15000, sama nasi goreng isinya hampir sama tp rasanya jelas beda
SukaSuka
iwan
30 Juli 2021 at 5:47 pm
ada harga ada kualitas, tapi kalau bicara honda dg yamaha saya rasa lebih tepat ada harga ada brand image. Memiliki honda atau yamaha dengan kelas yang sma rasanya juga beda. Brand imagenya yang mahal.
SukaSuka