RSS

Hitungan Sederhana atas Penghematan Biaya Produksi

13 Okt

image

MansarPost – Brosist sekalian,, kemarin khan mansarpost bikin artikel tentang strategi terselubung Honda dibalik rumor All New CS1/Sonic di sini dimana didalamnya disebutkan bahwa dengan memproduksi suatu produk (komponen) sekaligus dalam jumlah banyak maka hal tersebut dapat menghemat ongkos produksi,,, naaahh mumpung lagi sempet nih, mansarpost bikinin aj sekalian contoh hitungan sederhananya….

“….koh, nih HP android harganya berapa koh….?”

“….buat yu ai kasi halga satu juta lah….”

“….bisa kurang nga koh….?”

“….waaaahh nga bisa mas, halga udah mulah kok, yu boleh bandingin sama toko sebelah….”

“….oke,, kalo saya ambil 10 diskon 15% y koh….”

“….waduhhh,, y gpp dah, tapi yu olang jangan bilang-bilang sama yang lain y….”

Naaahhh percakapan tersebut jamak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan pernah dialami sendiri oleh kita semua.. Jadi pada intinya, jika kita membeli/memproduksi dalam jumlah banyak,, maka harganya akan cenderung lebih miring sedikit,, terus kenapa bisa begitu…?? Sok langsung aj k contoh perhitungannya niiihhh…

image

Misal untuk memproduksi satu buah produk diperlukan bahan baku sebesar 100.000,, terus biaya tenaga kerjanya 30.000/unit.. Selain itu ada juga biaya pemakaian mesin/overhead, yaitu sebesar 50.000/tahun,, terserah berapapun jumlah yang diproduksi, biayanya y tetep segitu.. Terus gimana perhitungannya?? Niihh dia brosist..

image

Naaah terlihat khan bahwa dengan memproduksi sebanyak 2.000 unit akan didapat penghematan sebesar 25.000 (180.000 – 155.000) atau sebesar 13,89% untuk setiap unitnya,, lumayan khan brosist..
Ibarat sewa tempat buat usaha rumah makan,, mau rame atau mau sepi usahanya,, sewanya (overhead) y tetep segitu…

Oke cukup sekian brosist,, semoga berguna… 😀

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Oktober 2014 inci Tak Berkategori

 

Tag:

Tinggalkan komentar